Minggu, 29 Januari 2023

UAS Manajemen Bisnis Digital "Creativelly E-Business Plan" Isna Hary A. Putri (20415123) Manajemen 5A

Nama                         : Isna Hary Ardita Putri

NIM                           : 20415123

Kelas                         : Manajemen 5A

Matkul                      : Manajemen Bisnis Digital

Dosen  Pengampu   : Pramudya Wardhani S.E., M.M.

UAS Manajemen Bisnis Digital

SOAL

Anda diminta untuk membuat creatively e-business plan dengan memperhatikan e-business plan baik dalam bentuk (B2B, B2C, M-Commerce) dengan produk dan/atau layanan mengikuti konsep marketing 8Ps (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, Physical Envidence, Productivity & Quality) dan silahkan Anda buat dalam bentuk blog pribadi.

JAWABAN

 “Ishaditri Hijab”

       I.          I.  Latar Belakang

Hijab menjadi salah satu produk fashion yang tinggi peminat karena mayoritas masyarakat Indonesia menganut agama islam dan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal tren hijab. Permintaan hijab pun dari hari ke hari semakin bertambah. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya jenis-jenis hijab yang bermunculan. Saat ini pun sudah semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan mengenakan busana yang menutup aurat. Sejak sepuluh taun belakangan, banyak pemain di layar kaca juga yang mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan hijab. Selain itu, banyak pula disajikan tips and trik cara memakai hijab yang menarik. Ini menjadi salah satu peluang dalam membuka bisnis perhijaban di Indonesia karena dilihat dari target pasar yang mendukung yakni banyaknya jumlah muslim di Indonesia. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka usaha kami nantinya juga akan dipasarkan melalui platform atau aplikasi belanja online. Ini bertujuan agar dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.
Bagi para pemilik toko maupun online shop yang tidak mau ribet tetapi ingin menjual produk hijab dengan labelnya sendiri maka Ishaditri Hijab merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Dimana selain memproduksi hijab yang berlabel, Ishaditri Hijab juga memproduksi hijab tanpa label yang memudahkan para pihak lain seperti pemilik toko maupun online shop untuk memberi label miliknya sendiri. Selain itu, Ishaditri Hijab juga melayani custom hijab yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen.

    II.            II. Informasi Usaha

    Nama Usaha                : Ishaditri Hijab
    Bidang Usaha             : Fashion Hijab
    Jenis Usaha                 : Hijab
    Alamat Usaha             : Jl Imam Muhyi Lengkong Sukorejo Ponorogo

 III.            III..  Visi, Misi, dan Tujuan

·           Visi :

Menjadi produsen hijab yang terpercaya, digemari dan mampu menjawab kebutuhan konsumen
·           Misi
-       Menghasilkan hijab yang berkualitas dan premium
-       Membuat model hijab yang selalu up to date dan sesuai dengan kebutuhan konsumen
-       Memperluas area distribusi agar produk mudah dijangkau oleh semua konsumen

·           Tujuan

-        Menyediakan hijab yang sesuai dengan kebutuhan maupun permintaan konsumen
-        Mempermudah konsumen yang ingin memiliki hijab dengan label miliknya sendiri

-        Mendapatkan profit dari bisnis hijab ini

 IV.            IV. Keunggulan Produk

Produk kami memiliki keunggulan yakni menggunakan kain yang berkualitas, potongan hijab yang simetris dan memiliki jahitan yang rapi. Selain itu kami juga melayani hijab dengan konsep custom tanpa label maupun label dengan sasaran toko-toko fashion serta para pemilik toko maupun online shop yang ingin menjual hijab dengan label miliknya sendiri. Selain pemasaran B2B (bisnis dengan sesama bisnis), kami juga menjual hijab berlabel Ishaditri Hijab secaar grosir maupun eceran kepada para konsumen (B2C). Kami juga menggunakan platform maupun aplikasi belanja online seperti shopee, tokopedia, dan tiktokshop serta lewat media sosial seperti facebook whatshapp, instagram, blog maupun tiktok.

    V.           V.  Gambaran Umum Pasar Sasaran

·         Segmentasi pasar (Segmentation)
Bisnis hijab ini dapat dijangkau oleh semua konsumen dari semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa khususnya yang berjenis kelamin perempuan.
·         Target pasar (Targeting)
Target pasar adalah konsumen hijab dari mulai anak-anak, remaja serta dewasa, toko-toko fashion serta para pemilik toko maupun online shop yang ingin menjual hijab dengan label Ishaditri Hijab, hijab tanpa label maupun hijab custom dengan labelnya sendiri.
·         Positioning
Hijab yang dihasilkan adalah hijab premium dengan potongan hijab yang simetris dan jahitan yang rapi. Selain itu, packaging yang menarik diharapkan mampu menarik konsumen untuk membeli hijab di Ishaditri Hijab.

 VI.            VI. Rencana Usaha

·         Usaha ini rencananya akan dikelola oleh owner beserta delapan orang karyawan dengan tugasnya masing-masing.
·         Untuk proses produksi, Ishaditri Hijab memproduksi sendiri produk hijab yang dijual.
·         Ishaditri Hijab memiliki jam operasional baik itu di tempat produksi, toko offline maupun toko online mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari senin-sabtu. Sedangkan untuk hari minggu, memiliki jam operasional pukul 08.00-13.00 WIB.

VII.            VII. Analisis SWOT

·         Kekuatan (strength)

-      Hijab yang diproduksi menggunakan kain yang berkualitas, potongan hijab yang simetris dan memiliki jahitan yang rapi.
-      Konsumen juga dapat mengcustom hijab yang akan dibeli.
-      Proses pengerjaan yang cepat dan tepat.
·         Kelemahan (weakness)
Banyak jenis usaha serupa yang lebih dahulu berdiri dan lebih popular dibandingkan Ishaditri Hijab.
·         Peluang (opportunity)
-     Pangsa pasar hijab yang luas.
-     Hijab dengan konsep custom tanpa label maupun label milik konsumen serta packaging menarik masih belum telalu banyak pesaingnya.
-     Konsumen dapat membeli hijab dengan harga yang terjangkau.
·         Ancaman (threats)

-     Pesaing memiliki harga hijab yang lebih murah.

-     Pesaing menawarkan jenis hijab yang lebih beragam.  
-     Pesaing bekerja sama dengan influencer dalam mempromosikan produknya.

VIII.     VIII. Bauran Pemasaran 8P :

                         ·       Product
Ishaditri Hijab menyediakan segala jenis hijab dengan pilihan warna dan motif yang beragam mulai dari hijab segiempat, pashmina dan hijab instan.
-      Untuk hijab segiempat dengan ukuran 110 x 110 cm dan 115 x 115 cm dengan bahan katun dan bahan voal.
-      Untuk hijab pashmina dengan ukuran 175 x 75 cm, 180 x 75 cm dan 200 x 75 cm dengan bahan diamond dan bahan cerutty.
-      Untuk hijab instan dengan ukuran panjang depan 65cm/panjang belakang 75 cm dan panjang depan 75 cm  x panjang belakang 85 cm dengan bahan jersey, wolfis dan diamond.
-     Selain itu, juga menyediakan hijab non label maupun custom label dari konsumen.

·         Price

Untuk harga hijabnya sendiri adalah :

-     Hijab segiempat dengan kisaran harga Rp 15.000 – Rp 18.000.
-     Hijab pashmina dengan kisaran harga Rp 20.000 – Rp 23.000
-     Hijab instan dengan kisaran harga Rp 18.000 – Rp 21.000
-    Untuk hijab custom, maka harganya berbeda sesuai dengan permintaan konsumen.

·         Place

Ishaditri Hijab memiliki tempat produksi serta toko offlline yang beralamatkan di Jl Imam Muhyi Lengkong Sukorejo Ponorogo.

·         Promotion

Ishaditri Hijab menjual produk secara offline di toko yang buka setiap hari serta Car Free Day di hari minggu. Selain itu, juga melakukan pemasaran melalui platform maupun aplikasi belanja online seperti shopee, tokopedia, dan tiktokshop serta lewat media sosial seperti facebook, whatshapp instagram, blog maupun tiktok.
Ishaditri Hijab akan memberikan potongan harga sesuai kuantitas pembelian produk.

·         Process

a.   Pembelian bahan dan pemilihan motif hijab beserta warna untuk setiap jenis produk.
b.   Setiap hijab akan dijahit neci maupun jahit pinggiran sesuai jenis dari produk tersebut.
c.   Untuk hijab yang sudah selesai diproduksi, maka akan dipacking dengan packing beberapa jenis packaging seperti pillow box, plastik klip plong dan ziplock pouch. Apabila hijabnya custom, maka packaging disesuaikan dengan permintaan konsumen.
d.  Pemasaran produk hijab dilakukan secara offline maupun online.

·           People

-      Memiliki dua admin yang mengelola media sosial dan toko online sekaligus bertugas untuk packaging.
-      Memiliki dua karyawan yang mengelola toko offline.
-      Memiliki empat orang penjahit yang berkutat pada proses produksi.
-      Menggunakan jasa pengiriman seperti POS, JNE dan J&T Express untuk mengirimkan produk.

·         Physical Evidence

Tampilan fisik dari toko Ishaditri Hijab memiliki konsep desain yang minimalis namun tetap memberikan kesan nyaman kepada konsumen. Sedangkan untuk tempat produksinya berada tepat di belakang toko.
Hijab yang diproduksi memilki tampilan fisik yang sesuai dengan bahan yang digunakan dan dapat dicek secara langsung oleh konsumen di toko. Sedangkan untuk physical evidence secara online, dapat dilihat logo, e-katalog maupun sosial media dari Ishaditri Hijab.

·         Productivity & Quality

-      Agar produktivitasnya stabil, Ishaditri Hijab rutin mempromosikan produk yang dimiliki agar semakin banyak calon konsumen yang tertarik dan tentu saja membuat ouput yang dihasilkan juga meningkat.

-      Ishaditri Hijab selalu menjaga kualitas hijab yang dihasilkan. Setelah selesai proses produksi, akan dilakukan pengecekan kembali agar mendapat produk yang berkualitas.
-     Untuk produk yang cacat maupun rusak, maka akan dipisahkan dan ditaruh di gudang untuk sementara waktu.

 IX.           IX.  Anggaran

Untuk anggaran, kami menggunakan modal sendiri yaitu dengan menggunakan uang pribadi dari owner dan keluarga untuk pengadaaan alat dan bahan. Untuk modalnya sendiri, kami membutuhkan sekitar Rp 200.000.000.

    X.           X.  Penutup

                        Usaha Ishaditri Hijab berusaha untuk memenuhi kebutuhan serta permintaan konsumen khususnya para perempuan. Ishaditri Hijab juga diharapkan mampu menjadi solusi dari permasalahan para pebisnis maupun konsumen yang ingin mulai berbisnis hijab tanpa harus ribet untuk memproduksi hijab tetapi menginginkan hijab dengan labelnya sendiri.

Selasa, 30 November 2021

#01

Apa ini yang kau sebut berjuang?

Kau terlampau acuh sementara aku tak mengeluh

Bukankah berjuang memerlukan dua orang yang saling bekerjasama?

Bukankah lebih ringan jika berdua?

Bagaimana bisa kau sebut “sedang memperjuangkan kita?”

Sementara dia yang kau jaga hatinya.

Bagaimana bisa kau sebut “kita?”

Sementara kau hanya tertuju padanya

            Jawab aku, Tuan …

            Mengapa kau ciptakan ilusi tentang kita?

            Mengapa tak jujur pada awalnya,

            Mengapa kau buat luka yang tak semestinya?

(Po, 30/11/21)

Minggu, 13 Desember 2020

Menuntut Balas

Kekasih,
Kau bangun megah istana,
Berlapis emas,
Berdinding berlian.

Paras rupawanmu,
Busuk hatimu.
Ilusi percintaan,
Kau ciptakan dengan tenang.
"Menuntut balas atas masa lalu," katamu. 

Kekasih,
Itu bukan aku.
Itu gadis penghuni hatimu terdahulu. 

-Isna Hary A. P. -


Rumah?

Mataku nyalang menatap cakrawala,
Bintang bertaburan,
Dan rembulan sedang cantik-cantiknya.

Setelah lelah berpetualang,
Apa kau sudah menemukan rumah untuk pulang?

-Isna Hary A. P.-

Jumat, 12 Juni 2020

Pergilah

Pergilah! 
Jangan lagi menaruh harapan sia-sia. 
Apa kau lupa? 
Kita berbeda. 
Dunia kita tak sama. 
Lupakan! 
Telah kuikhlaskan. 
Tenanglah di alam sana.

- Isna Hary A. P.  -

Pict by Pinterest

Kamis, 11 Juni 2020

Ingin Bersua

Bisakah kita mempersingkat penantian
Meski hal itu mustahil dilakukan
Sampai kapan memupuk harapan
Sementara rindu tak berkesudahan
Terombang-ambing tanpa kepastian

Lelah
Nyaris menyerah
Hampir saja kalah

Tuan
Kuingin segera bersua
Sekejap pun tak apa

- Isna Hary A. P. -

Segeralah musnah

Di tengah wabah. 
Di balik kepanikan.
Kami menaruh harap agar ia lelah lalu musnah.
Agar tak terdengar lagi kesedihan, kehilangan, serta hal lain yang lebih menakutkan. 

-Isna Hary A. P. -