Nama : Isna Hary Ardita Putri
NIM : 20415123
Kelas : Manajemen 5A
Matkul : Manajemen Bisnis
Digital
Dosen
Pengampu :
Pramudya Wardhani S.E., M.M.
UAS Manajemen Bisnis Digital
SOAL
Anda
diminta untuk membuat creatively e-business plan dengan memperhatikan
e-business plan baik dalam bentuk (B2B, B2C, M-Commerce) dengan produk dan/atau
layanan mengikuti konsep marketing 8Ps (Product, Price, Place, Promotion,
Process, People, Physical Envidence, Productivity & Quality) dan silahkan
Anda buat dalam bentuk blog pribadi.
JAWABAN
“Ishaditri Hijab”
I. I. Latar Belakang
Hijab menjadi salah satu produk fashion yang tinggi
peminat karena mayoritas masyarakat Indonesia menganut agama islam dan semakin
banyaknya masyarakat yang mengenal tren hijab. Permintaan hijab pun dari hari
ke hari semakin bertambah. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya
jenis-jenis hijab yang bermunculan. Saat ini pun sudah semakin banyak wanita
muslim yang tertarik untuk mengenakan hijab dan mengenakan busana yang menutup
aurat. Sejak sepuluh taun belakangan, banyak pemain di layar kaca juga yang
mengenakan hijab dalam dunia perfilman atau pesinetronan yang membuat masyarakat
yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan hijab. Selain
itu, banyak pula disajikan tips and trik cara memakai hijab yang menarik. Ini
menjadi salah satu peluang dalam membuka bisnis perhijaban di Indonesia karena
dilihat dari target pasar yang mendukung yakni banyaknya jumlah muslim di
Indonesia. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, maka usaha kami
nantinya juga akan dipasarkan melalui platform atau aplikasi belanja online.
Ini bertujuan agar dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.
Bagi para pemilik toko maupun online shop yang tidak
mau ribet tetapi ingin menjual produk hijab dengan labelnya sendiri maka
Ishaditri Hijab merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Dimana selain
memproduksi hijab yang berlabel, Ishaditri Hijab juga memproduksi hijab tanpa
label yang memudahkan para pihak lain seperti pemilik toko maupun online shop
untuk memberi label miliknya sendiri. Selain itu, Ishaditri Hijab juga melayani
custom hijab yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen.
II. II. Informasi Usaha
Nama Usaha :
Ishaditri Hijab
Bidang Usaha :
Fashion Hijab
Jenis Usaha :
Hijab
Alamat
Usaha : Jl Imam Muhyi
Lengkong Sukorejo Ponorogo
III. III.. Visi, Misi, dan Tujuan
·
Visi :
Menjadi produsen hijab
yang terpercaya, digemari dan mampu menjawab kebutuhan konsumen
·
Misi
- Menghasilkan
hijab yang berkualitas dan premium
- Membuat model
hijab yang selalu up to date dan
sesuai dengan kebutuhan konsumen
- Memperluas area
distribusi agar produk mudah dijangkau oleh semua konsumen
·
Tujuan
- Menyediakan
hijab yang sesuai dengan kebutuhan maupun permintaan konsumen
- Mempermudah
konsumen yang ingin memiliki hijab dengan label miliknya sendiri
- Mendapatkan
profit dari bisnis hijab ini
IV. IV. Keunggulan Produk
Produk kami memiliki keunggulan yakni menggunakan kain
yang berkualitas, potongan hijab yang simetris dan memiliki jahitan yang rapi. Selain
itu kami juga melayani hijab dengan konsep custom tanpa label maupun label
dengan sasaran toko-toko fashion serta para pemilik toko maupun online shop
yang ingin menjual hijab dengan label miliknya sendiri. Selain pemasaran B2B
(bisnis dengan sesama bisnis), kami juga menjual hijab berlabel Ishaditri Hijab
secaar grosir maupun eceran kepada para konsumen (B2C). Kami juga menggunakan platform
maupun aplikasi belanja online seperti shopee, tokopedia, dan tiktokshop serta
lewat media sosial seperti facebook whatshapp, instagram, blog maupun tiktok.
V. V. Gambaran Umum Pasar Sasaran
· Segmentasi pasar
(Segmentation)
Bisnis hijab ini dapat
dijangkau oleh semua konsumen dari semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja
bahkan dewasa khususnya yang berjenis kelamin perempuan.
· Target pasar
(Targeting)
Target pasar adalah konsumen
hijab dari mulai anak-anak, remaja serta dewasa, toko-toko fashion serta para
pemilik toko maupun online shop yang ingin menjual hijab dengan label Ishaditri
Hijab, hijab tanpa label maupun hijab custom dengan labelnya sendiri.
· Positioning
Hijab yang dihasilkan
adalah hijab premium dengan potongan hijab yang simetris dan jahitan yang rapi.
Selain itu, packaging yang menarik diharapkan mampu menarik konsumen untuk membeli
hijab di Ishaditri Hijab.
VI. VI. Rencana Usaha
· Usaha ini
rencananya akan dikelola oleh owner beserta delapan orang karyawan dengan
tugasnya masing-masing.
· Untuk proses
produksi, Ishaditri Hijab memproduksi sendiri produk hijab yang dijual.
· Ishaditri Hijab
memiliki jam operasional baik itu di tempat produksi, toko offline maupun toko
online mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari senin-sabtu. Sedangkan untuk hari
minggu, memiliki jam operasional pukul 08.00-13.00 WIB.
VII. VII. Analisis SWOT
· Kekuatan
(strength)
- Hijab yang
diproduksi menggunakan kain yang berkualitas, potongan hijab yang simetris dan
memiliki jahitan yang rapi.
- Konsumen juga
dapat mengcustom hijab yang akan dibeli.
- Proses
pengerjaan yang cepat dan tepat.
· Kelemahan
(weakness)
Banyak jenis usaha
serupa yang lebih dahulu berdiri dan lebih popular dibandingkan Ishaditri
Hijab.
· Peluang
(opportunity)
- Pangsa pasar
hijab yang luas.
- Hijab dengan
konsep custom tanpa label maupun label milik konsumen serta packaging menarik
masih belum telalu banyak pesaingnya.
- Konsumen dapat
membeli hijab dengan harga yang terjangkau.
· Ancaman (threats)
- Pesaing memiliki
harga hijab yang lebih murah.
- Pesaing
menawarkan jenis hijab yang lebih beragam.
- Pesaing bekerja
sama dengan influencer dalam mempromosikan produknya.
VIII. VIII. Bauran Pemasaran 8P :
· Product
Ishaditri Hijab menyediakan
segala jenis hijab dengan pilihan warna dan motif yang beragam mulai dari hijab
segiempat, pashmina dan hijab instan.
- Untuk hijab
segiempat dengan ukuran 110 x 110 cm dan 115 x 115 cm dengan bahan katun dan
bahan voal.
- Untuk hijab
pashmina dengan ukuran 175 x 75 cm, 180 x 75 cm dan 200 x 75 cm dengan bahan
diamond dan bahan cerutty.
- Untuk hijab
instan dengan ukuran panjang depan 65cm/panjang belakang 75 cm dan panjang
depan 75 cm x panjang belakang 85 cm
dengan bahan jersey, wolfis dan diamond.
- Selain itu, juga
menyediakan hijab non label maupun custom label dari konsumen.
· Price
Untuk harga
hijabnya sendiri adalah :
- Hijab segiempat
dengan kisaran harga Rp 15.000 – Rp 18.000.
- Hijab pashmina
dengan kisaran harga Rp 20.000 – Rp 23.000
- Hijab instan
dengan kisaran harga Rp 18.000 – Rp 21.000
- Untuk hijab
custom, maka harganya berbeda sesuai dengan permintaan konsumen.
· Place
Ishaditri
Hijab memiliki tempat produksi serta toko offlline yang beralamatkan di Jl Imam
Muhyi Lengkong Sukorejo Ponorogo.
· Promotion
Ishaditri Hijab menjual
produk secara offline di toko yang buka setiap hari serta Car Free Day di hari
minggu. Selain itu, juga melakukan pemasaran melalui platform maupun aplikasi
belanja online seperti shopee, tokopedia, dan tiktokshop serta lewat media
sosial seperti facebook, whatshapp instagram, blog maupun tiktok.
Ishaditri Hijab akan
memberikan potongan harga sesuai kuantitas pembelian produk.
· Process
a. Pembelian bahan
dan pemilihan motif hijab beserta warna untuk setiap jenis produk.
b. Setiap hijab
akan dijahit neci maupun jahit pinggiran sesuai jenis dari produk tersebut.
c. Untuk hijab yang
sudah selesai diproduksi, maka akan dipacking dengan packing beberapa jenis
packaging seperti pillow box, plastik klip plong dan ziplock pouch. Apabila hijabnya
custom, maka packaging disesuaikan dengan permintaan konsumen.
d. Pemasaran produk
hijab dilakukan secara offline maupun online.
·
People
- Memiliki dua
admin yang mengelola media sosial dan toko online sekaligus bertugas untuk packaging.
- Memiliki dua
karyawan yang mengelola toko offline.
- Memiliki empat
orang penjahit yang berkutat pada proses produksi.
- Menggunakan jasa
pengiriman seperti POS, JNE dan J&T Express untuk mengirimkan produk.
· Physical
Evidence
Tampilan fisik dari
toko Ishaditri Hijab memiliki konsep desain yang minimalis namun tetap
memberikan kesan nyaman kepada konsumen. Sedangkan untuk tempat produksinya
berada tepat di belakang toko.
Hijab yang diproduksi
memilki tampilan fisik yang sesuai dengan bahan yang digunakan dan dapat dicek
secara langsung oleh konsumen di toko. Sedangkan untuk physical evidence secara
online, dapat dilihat logo, e-katalog maupun sosial media dari Ishaditri Hijab.
· Productivity
& Quality
- Agar
produktivitasnya stabil, Ishaditri Hijab rutin mempromosikan produk yang
dimiliki agar semakin banyak calon konsumen yang tertarik dan tentu saja
membuat ouput yang dihasilkan juga meningkat.
- Ishaditri Hijab
selalu menjaga kualitas hijab yang dihasilkan. Setelah selesai proses produksi,
akan dilakukan pengecekan kembali agar mendapat produk yang berkualitas.
- Untuk produk
yang cacat maupun rusak, maka akan dipisahkan dan ditaruh di gudang untuk
sementara waktu.
IX. IX. Anggaran
Untuk anggaran, kami menggunakan modal sendiri yaitu
dengan menggunakan uang pribadi dari owner dan keluarga untuk pengadaaan alat
dan bahan. Untuk modalnya sendiri, kami membutuhkan sekitar Rp 200.000.000.
X. X. Penutup
Usaha
Ishaditri Hijab berusaha untuk memenuhi kebutuhan serta permintaan konsumen
khususnya para perempuan. Ishaditri Hijab juga diharapkan mampu menjadi solusi
dari permasalahan para pebisnis maupun konsumen yang ingin mulai berbisnis hijab
tanpa harus ribet untuk memproduksi hijab tetapi menginginkan hijab dengan
labelnya sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar